Mahasiswa Magister Akuntansi Unpam Melakukan Edukasi Peningkatan Kompetensi Diri Untuk Memasuki Dunia Kerja, di Madrasah Aliyah (MA) Soebono Mantofani

Tangerang Selatan- Data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) tahun 20222, menunjukkan bahwa jumlah angkatan kerja di Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 144,01 juta orang, mengalami peningkatan sebanyak 4,2 juta orang dibandingkan tahun 2021. Jumlah pengangguran di Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebanyak 8,4 juta orang. Dari jumlah tersebut, penyumbang pengangguran terbanyak berasal dari lulusan SMA/SMK sederajat sebesar 18,73% (BPS, 2022). Penyebab besarnya jumlah lulusan SMA/SMK sederajat yang menjadi pengangguran salah satunya karena kurangnya kesiapan mereka dalam memasuki dunia kerja. Kesiapan kerja ialah kondisi dimana individu yang memiliki kematangan secara fisik, mental dan pengalaman serta adanya kemauan dan kemampuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan

Berdasarkan data dari BPS tersebut maka Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM). PMKM ini mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Diri Untuk Memasuki Dunia Kerja”. PMKM ini dilaksanakan pada hari Senin (19/02/2024), bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Soebono Mantofani. Madrasah Aliyah (MA) Soebono Mantofani, merupakan sekolah dibawah naungan Yayasan Soebono Mantofani. MA Soebono Mantofani berlokasi di Jl. Sumatera No.75, Kp. Rawa Lele 02/007, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang yang mengadakan PMKM terdiri dari dua kelompok, diantaranya:

Kelompok 1                                                        Kelompok 2

  1. Ulung Nurjaman (Ketua)                            1. Juna Sari Berutu (Ketua)
  2. Madrois                                                      2. Arum Wulandari
  3. Cindy Eka Safitri                                         3. Rarasasi Ribka Redonoarsi
  4. Refina Tasari Samosir                                4. Wahyudi Widodo
  5. Firda Sari Oktaviany                                   5. Dedi Ardianto

Kelompok satu dipimpin oleh Ulung Nurjaman sebagai ketua membahas Tema tema “Peningkatan Kompetensi Diri Untuk Memasuki Dunia Kerja”. Sedangkan kelompok 2 (Dua) dipimpin oleh Juna Sari Berutu, membahas tema “Kesadaran Pajak Sejak Dini Pada Siswa Madrasah Aliyah (Ma) Soebono Mantofani, Jombang, Ciputat – Tangerang Selatan”. Bertindak sebagai naras umber adalah Firda Sari Oktaviany, S.Ak dari kelompok satu  dan Dedi Ardianto, S.Ak dari perwakilan kelompok 2. Firda mengungkapkan pentingnya memetakan kelanjutan studi setelah Lulus Madrasah Aliyah (Ma) Soebono Mantofani untuk sukses menggapai cita-cita. Dilain pihak, Dedi Ardianto, menjelaskan jika ingin menjadi Konsultan Pajak yang handal, para siswa harus melanjutkan studinya di jurusan Akuntansi Perpajakan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dibimbing oleh Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS dan Dr. H. Sugiyanto, S.E., M.M Dalam sambutannya Suripto menjelaskan bahwa kegiatan PKM ini dilaksanakan sebagai Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus bentuk kepedulian Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang untuk menawarkan solusi berupa sosialisasi peningkatan kompetensi diri untuk memasuki dunia kerja.

Acara PMKM ini dihadiri oleh beberapa Dewan Guru Madrasah Aliyah (Ma) Soebono, diantaranya Nano Praptono, S.E., M.M (Wakil Kepala Madrasah), Ahmad Firdaus, S.S. (Guru dan Pembina OSIS) dan Nydia Dwi Pranisti, S.Gz. (Tata Usaha). Peserta PMKM sangat antusias mengikuti Kegiatan ini karena terbukti mereka tidak beranjak dari awal kegiatan ini sampai selesai. Banyak pertanyaan dilontarkan dari peserta kepada Nara Sumber, terkait dunia kerja di Bidang kerja Akuntansi dan Perpajakan. dan di akhir acara diserahkan souvenir untuk Madrasah Aliyah (Ma) Soebono, yang diserahkan oleh Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS dan diterima oleh Nano Praptono, S.E., M.M (Wakil Kepala Madrasah). (SBS)