Mahasiswa Magister Akuntansi Unpam mengadakan PKM di Rumah Sakit Bhakti Medicare, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Sukabumi (1/03/2024), Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Rumah Sakit Bhakti Medicare, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan PKM ini dipimpin oleh Yenny Hirmaleny dan Abdul Latif. Yenny Hirmaleny, kesehariannya berprofesi menjadi Konsultan Pajak, sedangkan Abdul Latif, menjabat sebagai Corporate Secretary diperusahaan Swasta Nasional. Yenny dan Latif mengajak mengajak reka-rekan Mahasiswa Reguler C, Kelas 02MAKE002 untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat diRumah Sakit Bhakti Medicare, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Rombangan mahasiswa Kelas 02MAKE002 berangkat dari kampus Unpam Viktor dengan semangat dan penuh suka cita. Sepanjang perjalanan dari Pamulang hingga sampai di Sukabumi dihiasi dengan Canda dan tawa.

Sesampainya di Rumah Sakit Bhakti Medicare, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, rombongan mahasiswa disambut dengan hangat oleh H. Maman Sumarya, SKM., M.Kes selaku Wakil Direktur Administrasi Umum dan Aset, Djoni, S.E (Kabag Keuangan), Para dokter, Perawat, dan Karyawan Rumah Sakit Bhakti Medicare. Manajemen Rumah Sakit Bhakti Medicare, mengapresiasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang. Hal ini disampaikan oleh H. Maman Sumarya, SKM., M.Kes selaku Wakil Direktur Administrasi Umum dan Aset Rumah Sakit Bhakti Medicare. H. Maman mengatakan ” Kami atas nama Manajemen Rumah Sakit Bhakti Medicare mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa dan Dosen Magister Akuntansi Universitas Pamulang yang telah berkenan mengadakan Kegiatan PKM di Rumah sakit ini.

Sementara Dosen pendamping PKM Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang, Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS mengahaturkan terima kasih atas penyambutan penerimaan dan keramah-tamahan dari Pimpinan dan seluruh karyawan Rumah sakit Bhakti Medicare. Suripto berharap agar kedepan terjalin kerjasama yang erat antara Manajemen Rumah Sakit Bahkti Mediacare dengan Program Studi Magister Akuntansi Unpam. Dalam sambutannya selaku Pimpinan Rombongan Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang Yenny mengatakan bahwa kegiatan PKM ini sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana salah satu Dharma nya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Sementara Latif, mengatakan agar para Mahasiswa dapat mengamalkan hadist Nabi Muhammad SAW, “Khoirunnas anfauhum linnas artinya adalah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain“, Maka Kegiatan PKM ini dilakukan. Harapannya sedikit Ilmu yang telah Allah titipkan dapat memberikan manfaat untuk orang lain.

Adapun Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang yang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Rumah Sakit Bhakti Medicare, Sukabumi, Jawa Barat ini berjumlah 18 Mahasiswa dan dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok 1 diketuai oleh Yenny Hirmaleny dengan mengusung tema: “Sosialisasi Pelaporan Perpajakan SPT Wajib Pajak orang Pribadi dengan e-Filling bagi Karyawan Rumah Sakit Bhakti Medicare”. Kelompok 1 terdiri dari:

KELOMPOK 1:

  1. Yenny Hirmaleny
  2. Abdul Latif
  3. Sri Hartutik
  4. Suprayogi
  5. Evi Kherani
  6. Nanda Kurnia Fajar

Sedangkan Kelompok 2 diketuai oleh Uki Budi Wijaya, dengan mengusung tema ” Sosialisasi Investasi untuk Karyawan Rumah Sakit Bhakti Medicare”. Adapun kelompok 2 terdiri dari:

KELOMPOK 2:

  1. Uki Budi Wijaya
  2. Muhammad Abdul Malik
  3. Dodi Bastiansyah
  4. Namira Nur Baity
  5. Suli Nur Azizah
  6. Lestari Augustin

Sedangkan kelompok 3 diketuai oleh Antonius dengan membawa tema “Perencanaan, Penganggaran, dan Estimasi (PPE) keuangan dalam Rencana Bisnis Rumah Sakit Bhakti Medicare”. Kelompok 3 terdiri dari:

KELOMPOK 3:

  1. Antonius
  2. Argunanto
  3. Deni Arifin
  4. Defina Andani Wulan
  5. Indri Eliza Zahra
  6. Viona Anjelia

Selain Kegiatan PKM, juga dilakukan sosialisasi Program Studi Magister Akuntansi Universitas Pamulang. Kegiatan sosialisasi disampaikan oleh Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS selaku Dosen pendamping PKM. Suripto menjelaskan dengan detail keunggulan Program Studi Magister Akuntansi Universitas Pamulang. Menurut SuriptoKuliah di Program Studi Magister Akuntansi Universitas Pamulang memiliki beberpa keunggulan diantaranya, biayanya terjangkau, Kampusnya bagus seperti Mal karena banyak Lift dan Eskalator, Fasilitasnya lengkap, dan dibimbing oleh Dosen-dosen berkualifikasi Doktor, lulusan kampus ternama dari dalam Negeri maupun Luar Negeri”. Sosialisasi dilakukan kepada Pimpinan Rumah Sakit, Para dokter, Perawat, Pegawai Rekam Medis, Bagian BPJS, Bagian Keuangan dan seluruh karyawan Rumah Sakit Bhakti Medicare, Sukabumi. H. Maman Sumarya, SKM., M.Kes (Wakil Direktur Administrasi Umum dan Aset) menyambut baik sosialisasi tersebut dan menganjurkan para pegawai Rumah Sakit Bhakti Mediacare, Sukabumi untuk dapat melanjukan studinya di Magister Akuntansi Universitas Pamulang.

Pelaksanaan Pengabdiaan Masyarakat ini semakin seru karena dipandu oleh MC yang profesional yaitu Mas Anton. Selain MC yang keren, acara ini menjadi meriah karena diselingi dengan pemberian door prize kepada para peserta. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Nanda Kurnia Fajar. Selain jago memimpin doa, Nanda Kurnia Fajar juga sangat profesional di dalam mendokumentasikan kegiatan ini dengan Drone Camera. (SBS)